Header Ads

  • NU News Update

    Pengajian Akbar dan Peresmian Masjid Baiturrahman Bersama KH. Marzuki Mustamar Tanfidziyah PWNU Jawa Timur

    KH. Marzuki Mustamar Meresmikan Masjid Baiturrahman Salamrejo

    Pengajian Akbar & Peresmian Masjid Baiturrahman oleh KH. Marzuki Mustamar Tanfidziyah PWNU Jawa Timur, Berjalan Lancar & Khidmad


    Dalam rangka peresmian masjid Baiturrahman dan juga Pengajian Akbar, Panitia pelaksana menghadirkan Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur KH. Marzuki Mustamar untuk meresmikan Masjid Baiturrahman (30/06/2022). Adapun acara dilaksanakan di halaman Masjid Baiturrahman yang berlokasi di Dusun Salamrejo RT.10 RW.04 Desa Tulungrejo Kec. Glenmore Kab. Banyuwangi - Jawa Timur Indonesia.

    Pada acara peresmian Masjid ini, di hadiri oleh tokoh masyarakat dan juga perwakilan dari Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimka) Kec. Glenmore, jajaran pengurus Nahdlatul Ulama, baik dari PCNU Banyuwangi, MWCNU Kec. Glenmore dan juga pengurus Ranting NU Se Kec. Glenmore serta Banom & Lembaga NU yang ada di wilayah Kec. Glenmore.

    Kegiatan pengajian akbar dan peresmian Masjid ini juga dimeriahkan penampilan murid TPQ Roudhoturrohman dan juga 10 grup hadrah gabungan dari Desa Tulungrejo dan Sumbergondo. Memasuki acara inti, awal acara dimulai dengan acara Pembukaan, Pembacaan Ayat Suci Alqur'an, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Melantunkan Mars Syubbanul Wathan, Sambutan-Sambutan.

    Untuk sambutan sendiri terdiri dari sambutan dari Ketua Panitia (Ustadz Lauhin), Sambutan Kepala Desa Tulungrejo (Bpk. M. Ihsan), dan Sambutan dari perwakilan Forpimka Kec. Glenmore Bpk. Didik Saidi Umar dan sambutan yang ke empat perwakilan dari PCNU Banyuwangi yang dalam hal ini diwakili oleh Gus Syaifudin Zuhri (Sekjen PCNU Banyuwangi) yang sekaligus menyerahkan Sertifikat Wakaf Masjid Baiturrahman.


    4 Sambutan Acara Peresmian Masjid Baiturrahman


    Dalam sambutannya Ustadz Lauhin menyampaikan terima kasih kepada semua yang hadir, "Semoga kehadiran para para hadirin senantiasa bisa menjadi tambahnya kemaslahatan di dunia hingga akhirat", sambung beliau. Ungkapan terima kasih pula kepada semua yang telah berkontribusi, khususnnya bagi para donatur, simpatisan, sukarelawan dan semua yang telah membantu pembangunan masjid Baiturrahman dan mempersiapkan acara peresmian Masjid malam ini. Ungkapan maaf juga disampaikan oleh Ketua Panitia, jika ada sesuatu yang kurang berkenan dihati. ehingga acara Pengajian Akbar dan Peresmian Masjid Baiturrahman ini bisa terselenggara dengan baik.

    Terkait awal pembangunan Masjid Baiturrahman Ust. Lauhin menjelaskan jika peletakan batu pertama oleh KH Ishaq Muhsin Pengasuh Ponpes Roudhotus Salam Sumbergondo Glenmore dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 19 Agustus 2020, 29 Dzulhijjah 1941 H, hal ini bersamaan dengan awal dimulainya pembelajaran TPQ Raudhoturrohman yang juga masih dibawah naungan ketakmiran Masjid Baiturrahman.

    "TPQ Raudhoturrohman mulai pembelajarannya dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus 2020 juga hanya beda jam dengan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Baiturrahman', pungkas beliau diakhir sambutannya.

    Memasuki acara sambutan kedua, sambutan dari Kepala Desa Tulungrejo, Bapak M. Ikhsan. Dimana dalam sambutannya beliau mengapresiasi panitia penyelenggara yang telah mempersiapkan acara hingga hari H. "Saya sangat berterima kasih kepada seluruh panitia pembangunan dan panitia acara, karena pembangunan Masjid ini akan membawa manfaat terhadap masyarakat, khususnya dilingkungan Dsn Salamrejo ini untuk lebih meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Allah SWT".

    Pada sambutan ini juga, Bapak Ihsan menyampaikan informasi bahwasanya Desa Tulungrejo sudah memiliki Sarana Olah Raga yang disingkat menjadi SORGA, yang bisa di manfaatkan oleh seluruh masyarakat Desa Tulungrejo. Pada akhir sambutan, Pak Kades menyampaikan siap menerima kritik & saran demi kemajuan Desa Tulungrejo.

    Menginjak sambutan berikutnya dari Forpimka Kec. Glenmore, yang dalam hal ini diwakili oleh Bpk. Didik Saidi Umar. Awal sambutan beliau mengajak hadirin untuk menjawab yel-yel NU untuk menggugah semangat. Selanjutnya beliau menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran Bapak Camat Danramil dan Kapolsek dikarenakan berhalangan hadir. Pada kesempatan ini, Bapak Didik mengapresiasi atas berdirinya Masjid Baiturrahman dan terselenggaranya acara ini dengan dana swadana serta gotongroyong masyarakat.

    "Kami mengapresiasi bahwa masjid Baiturrahman sudah jadi atas swadaya dan gotong royong masyarakat, ini luar biasa.!, mudah-mudahan masjid ini bisa digunakan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat sehingga masjid menjadi makmur, dimana dengan adanya masjid lingkungan akan menjadi lebih baik", ungkap beliau. Diakhir sambutan, beliau juga mengapresiai Takmir yang sudah bisa menghadirkan KH Marzuki Mustamar ketua PWNU Jawa Timur.


    Peresmian Masjid Baiturrahman oleh KH. Marzuki Mustamar


    Memasuki acara selanjutnya adalah momen Peresmian Masjid Baiturrahman bersama KH Marzuki Mustamar yang dalam hal ini secara simbolis dilakukan pemotongan pita, penanda tanganan prasasti peresmian masjid Baiturrahman dan pemotongan tumpeng. Sebelum prosesi tersebut, diawali dengan penabuhan beduk, adzan serta iqomah.

    Prosesi peresmian ini berlangsung sangat menyentuh, di iringi lantunan sholawat, KH Marzuki melakukan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti peresmian Masjid Baiturrahman. Kemudian Beliau masuk ke Masjid dan sholat dua rekaat. Selanjutnya beliau memotong tumpeng yang di serahkan kepada ketua takmir masjid Baiturrahman dan keluarga pewakaf.

    Sebelum acara pengajian akbar dimulai, tambahan sambutan dari PCNU Banyuwangi yang dalam hal ini diwakili oleh Gus Syaifudin Zuhri yang sekaligus penyerahan Sertifikat Wakaf kepada Takmir Masjid Baiturrahman. Mengawali sambutannya, beliau mengucapkan syukur atas diresmikannya Masjid Baiturrahman.

    "Semoga dengan diresmikannya Masjid ini, menjadi masjid yang barokah dan rame jamaahnya". Selanjutnya beliau langsung ke prosesi penyerahan sertifikat tanah wakah, yang menjadi program percepatan sertifikat tanah wakaf PCNU Banyuwangi, dan Masjid Baiturrahman salah satunya. Adapun prosesnya kurang lebih 4,5 bulan.

    Adapun target percepatan sertifikat wakaf ini adalah 1926 dan sudah terealisasi 1026 kurang 900 lagi, harapannya pada momen satu abad NU target tersebut sudah selesai. Diakhir sambutannya Beliau berharap bagi Masjid, Musholla atau tempat pendidikan yang belum bersertifikat bisa ikut program percepatan sertifikat wakaf PCNU Banyuwangi.


    Video Pengajian Akbar KH. Marzuki Mustamar


    Memasuki acara inti yaitu pengajian akbar bersama KH Marzuki Mustamar, dimana beliau banyak menyampaikan banyak hal tentang ber-NU, kepengurusan NU, program-program NU serta tentang memakmurkan masjid dan bagaimana masjid bisa menjadi tempat ibadah yang nyaman, jamaah betah berlama-lama dimasjid. Untuk lebih lengkap dan jelasnya, berikut video lengkap pengajian akbar bersama KH. Marzuki Mustamar dalam rangka peresmian Masjid Baiturrahman.


    Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua. Amiiin....

    1 komentar:

    1. Pengajian Akbar & Peresmian Masjid Baiturrahman oleh KH. Marzuki Mustamar Tanfidziyah PWNU Jawa Timur, Berjalan Lancar & Khidmad

      BalasHapus

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    hitung zakat lazisnu,