Header Ads

  • NU News Update

    Bacaan Doa Sebelum Makan atau Minum

    Bacaan Doa Sebelum Makan atau Minum

    Jangan Lupa, Berdo'a Saat Akan Makan atau Minum | Insya Allah Berkah


    Sebagaimana dianjurkan, sebelum memulai aktifitas sebaiknya kita mengawali dengan membaca Do'a. Salah satunya saat akan makan, maka sebelum makan atau minum sebaiknya kita mengikuti anjuran untuk berdo'a dan selanjutnya pada saat makan kita juga harus terus berdzikir kepada Allah. Diriwayatkan, saat hidangan makanan didekatkan kepada Rasulullah, beliau membaca:


    اللَّهُمَّ بَارِكْ لَناَ فِيْمَا رَزَقْتَنا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ، بِسْمِ اللهِ

    Allâhumma bârik lanâ fî mâ razaqtanâ wa qinâ adzâban nâr, Bismillâh

    Artinya : Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami pada apa yang telah Engkau karuniakan dan lindungilah kami dari siksa neraka. Bismillâh (atas nama Allah)

    Nabi Muhammad SAW, juga mengajarkan kita untuk tidak mencela makanan dan minuman apapun kondisinya. Saat beliau menginginkannya, beliau makan, dan saat beliau tak suka, beliau diam. (Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Adzkâr, Penerbit Darul Hadits, Kairo, Mesir).

    Dan apabila kita lupa menyebut nama Allah di awal, maka segeralah membaca Do'a saat kita teringat jika belum lupa membaca Do'a atau bisa dilakukan di tengah-tengah makan. Demikian teladan yang diberikan oleh Rasullah dalam hal makanan dan minuman. Dan semoga doa singkat tersebut dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Amiiin...




    Sumber : NU Online ""Doa Makan dan Minum"



    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    hitung zakat lazisnu,